Thursday, July 28, 2016

Cara memelihara burung kenari agar sehat

Cara melindungi kenari muda, yaitu burung kenari yang berusia di bawah empat bulan sesungguhnya membutuhkan kesabaran bagi pemiliknya, gara-gara terhadap umumnya, burung kenari muda ini baru sanggup berkicau setelah berumur lima sampai enam bulan. Semakin bertambahnya umur kenari muda, maka dia dapat semakin rajin berkicau, setelah itu, burung kenari dapat menjadi gacor setelah dewasa dan siap kawin dengan calon pasangannya. Adapun sebagian langkah yang wajib dijalankan dalam melindungi kenari muda yang masih berumur tidak cukup dari empat bulan, sehingga kami sanggup melindungi kenari muda milik kami sehingga cepat bunyi selagi terasa tumbuh dewasa.


Saat ini, tersedia banyak pencinta burung yang lebih suka membeli kenari yang masih berusia muda atau bahkan terlampau muda. Selain disebabkan gara-gara harganya yang lebih murah, kenari muda lebih gampang untuk dimaster dengan nada burung yang diinginkan.

ika Anda mendambakan mencetak kenari tertentu untuk lomba, maka kenari yang disiapkan wajib berusia lebih muda, atau kurang lebih 25 – 30 hari, gara-gara selagi itu adalah selagi yang paling tepat untuk mengawali proses pemasteran kenari.

Nah, tak hanya langkah melindungi kenari muda sehingga cepat bunyi diatas, selanjutnya ini tersedia sebagian tips penting lain mengenai perawatan burung kenari yang berusia tidak cukup dari empat bulan sehingga burung kenari milik Anda menjadi kenari yang berkualitas, baik dari aspek mental dari si kenari, maupun dari nada isiannya.

Setiap type burung pasti butuh nutrisi tinggi untuk menolong perkembangan sel, bulu, serta perkembangan kegunaan organ-organ tubuhnya. Bedanya, persentase zat gizi dari pakan burung yang wajib sesuai dengan umur masing-masing.

Kenari atau type burung lain membutuhkan pakan yang berprotein tinggi sejak masih muda. Sejumlah pakar menganjurkan untuk memberi pakan dengan persentase protein kurang lebih 20 – 22 %. Hal ini penting dijalankan untuk memacu perkembangan dan kegunaan organ-organ tubuh kenari muda yang sesungguhnya belum sempurna, tak hanya juga untuk menolong perkembangan badan kenari muda.

Ketika burung kenari udah masuk umur remaja (sekitar empat sampai tujuh bulan), keperluan protein dalam pakan umumnya menurun, sehingga lumayan diberi pakan dengan persentase protein 14 – 16 %. Namun, selagi burung udah terasa dewasa (umur kurang lebih delapan bulan atau lebih), maka keperluan protein dalam pakan burung juga dapat lagi meningkat, menjadi kurang lebih 17 – 20 %.

Kenari muda juga membutuhkan vitamin dan mineral. Sebagian vitamin dan mineral selanjutnya udah tekandung dalam pakan biji-bijian, namun belum mencukupi keperluan hariannya. Oleh gara-gara itu, diperlukan makanan tambahan yang memiliki kandungan lebih banyak vitamin dan mineral, yaitu melalui buah dan sayuran.

Sayuran berwarna hijau gelap terlampau baik untuk kenari anakan gara-gara punya persentase vitamin A dan vitamin C lebih banyak, serta memiliki kandungan sebagian mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), zat besi (Zn), dan magnesium (Mg) yang penting untuk perkembangan burung kenari. Sayuran yang berwarna hijau tua juga menjadi sumber karotenoid yang punya kegunaan untuk memerangi radikal bebas terhadap burung.

Selain itu, buah-buahan juga diperlukan sebagai makanan tambahan untuk kenari muda atau bakalan. Porsi buah-buahan sebaiknya berjumlah 1/4 anggota saja. Buah-buahan seperti peer dan apel baik untuk kenari, namun janganlah lupa untuk membicarakan kulit dan menghilangkan bijinya terlebih dahulu. Anda juga wajib mencatat bahwa tidak semua buah-buhan boleh dikonsumsi oleh burung kenari. Ada sebagian buah yang ‘haram’ diberikan terhadap beraneka burung kicauan, juga burung kenari, seperti alpukat dan tanaman cokelat.

Sumber : caramemelihara.com

Cara memelihara burung kenari agar sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: haura aini

0 comments:

Post a Comment